Jumat, 22 Oktober 2010

MESIN PENCARI

MESIN PENCARI
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Sejarah
Mesin pencari pertama adalah "Wandex", yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.
Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.
Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

FUNGSI MESIN PENCARI
Fungsi Mesin Pencari (Search Engine)Pada umumnya mesin pencari atau search engine berfungsi sebagai media pencari website-website yang kita inginkan tanpa harus kita mengingat-ingat nama website atau domainnya.
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
cukup kita ketikkan kata kunci pada search engine maka kita akan memperoleh web yang kita inginkan.sebagai contoh yaitu apabila kita ingin mencari web dari penerbit buku “yudistira” maka kita hanya cukup menuliskan kata kunci “yudistira”pada search engine, kemudian akan muncul urutan tampilan di dalam halaman internet sesuai dengan sering tidaknya web tersebut diakses atau berdasarkan kemiripan terdekat dengan kata kunci yang ditulis pada search engine.Saat ini terdapat berbagai macam search engine, yang paling popular digunakan oleh user adalah yahoo.com dan google.com.

CONTOH-CONTOH MESIN PENCARI
Google
Perbedaan diantara masing-masing mesin pencari primer biasanya tidak signifikan. Google merupakan raja mesin pencari, terutama jika dilihat dari akurasi hasil pencarian yang dapat dia berikan. Meskipun Google juga memberikan berbagai fasilitas tambahan, dari mulai email gratis sampai pemetaan dengan memanfaatkan citra satelit, fasilitas-fasilitas tambahan itu bukanlah alasan utama yang menjadikannya sangat populer.
Yang membuat Google berubah dari sebuah nama menjadi sebuah kata adalah tingkat akurasi dari hasil pencarian yang dapat diberikan. Tingkat akurasi ini dihasilkan dari rancangan algoritma pencarian Google yang mengkombinasikan kata kunci dengan popularitas link. Masuknya popularitas link ke dalam formula algoritma pencarian menghasilkan tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya mendasarkan pada kata kunci.
Meskipun demikian, penting untuk diingan bahwa kata kunci dan popularitas link hanya dia dari sekitar dua ratus indikator yang dipakai Google dalam menilai relevansi dari sebuah halaman web.
Yahoo!
Kebanyakan orang mengira Yahoo! adalah mesin pencari. Ada benarnya, tapi Yahoo! juga merupakan sebuah direktori … seperti halaman kuning pada buku telepon. Direktori secara umum berarti daftar dari berbagai halaman web yang ada di internet yang dikelompokan ke dalam kategori dan sub kategori. Banyak orang mengenal Yahoo! lebih karena pasangan pemiliknya. Melalui akuisisi terhadap sejumlah perusahaan lain seperti Inktomi, AllTheWeb, AltaVista, dan Overture, Yahoo! mulai meninkmati peningkatan pangsa pasar sebagai mesin pencari.
Yahoo! yang pada awalnya menanfaatkan teknologi Google untuk melakukan pencarian dari kumpulan direktori yang dimilikinya, saat ini telah menggunakan teknologi yang dibangun dari pengalaman dan keahliannya sendiri. Meskipun demikian, kemampuan teknologi Yahoo! tidak seakurat Google.  Selain ituYahoo! memiliki programberbayar untuk memasukkan website ke dalam sistem pencariannya. Banyak orang meyakini adanya pengaruh dari pembayaran pada hasil pencarian.
MSN Search
Teknologi pencarian MSN belum semapan Yahoo! dan Google, karenanya MSN belum menggunakan analisa link yang sekomprehensif kedua pesaingnya. MSN bergantung pada isi website dalam menentukan ranking. Kelemahan ini dapat menguntungkan website-website baru, yang belum memiliki basis popularitas link yang kuat,  untuk mendapatkan ranking yang baik.
Kemampuan memasukan popularitas link sebagai salah satu kriteria pencarian yang dimiliki Yahoo! dan Google dapat menyebabkan website baru tidak muncul dalam hasil pencarian untuk periode tertentu. Hal ini karena (terutama Google) memperhitungkan kualitas link dalam formula ranking-nya. Link baru biasanya diabaikan sampai rentang waktu tertentu.
Karena ketergantungannya pada isi, website baru dengan optimasi on-page yang baik mempunyai kesempatan untuk lebih cepat diterima MSN. Karena itu meskipun bukan merupakan mesin pencari yang paling populer, MSN dimasukkan dalam klasifikasi mesin pencari primer. Meskipun pangsa pasar pencarian yang dikuasainya lebih kecil, diterima dan di-ranking lebih cepat memberikan manfaat berupa peningkatan jumlah kunjungan ke website kita.
Mesin Pencari Sekunder
Mesin pecnari sekunder ditujukan untuk pemakai yang lebih terbatas meskipun hasil pencarian yang diberikan adalah umum. Tipe mesin pencari ini tidak mendatangkan banyak pengunjung, tapi sangat bermanfaat untuk menerobos pangsa pasar atau wilayah pasar tertentu. Contoh mesin pencari tipe ini diantaranya Lycos, LookSmart, Miva, Ask, dan Espotting.
Seperti mesin pencari primer, mesin pencari sekunder juga memiliki perbedaan dari hasil pencarian yang diberikannya. Sebagian sangat tergantung pada kata kunci sedangkan sebagian lainnya pada popularitas link. Sebagian kecil malah masih ada yang tergantung pada mekanisme lama seperti META TAG.
Sebaiknya mesin pencari sekunder tetap dimasukkan ke dalam rencana SEO kita. Meskipun tidak sebanyak mesin pencari primer, tingkat kunjungan yang dihasilkan mesin pencari sekunder tidak dapat diabaikan. Banyak pemakai mesin pencari sekunder merupakan pemakai setia mesin pencari tertentu, misalnya banyak bekas pemakai koneksi AOL yang masih menggunakan mesin pencari AOL meskipun sudah beralih menggunakan penyedia koneksi lain.
Mesin Pencari Terarah
Mesin pencari terarah adalah kelompok yang paling spesifik. Mesin pencari jenis ini biasanya ditujukan untuk pencarian dalam bidang khusus seperti kesehatan, bidang ilmiah tertentu, pariwisata, olah raga, dan sebagainya. Contoh mesin pencari jenis ini diantaranya CitySearch, Yahoo!Travel, dan MusicSearch. Seperti tipe lain, mesin pencari jenis ini juga memiliki perbedaan yang spesifik.
Perlu diperhatikan bahwa mesin pencari jenis ini memiliki pangsa terbatas yang sangat spesifik. Hanya mesin pecnari yang difokuskan pada bidang yang relevan dengan website kita saja yang mungkin akan mendatangkan pengunjung dan karena itu perlu mendapatkan perhatian kita, dan dimasukkan dalam rencana SEO.

SUMBER : WIKIPEDIA.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Bella Zuliana

Bella Zuliana
my self

About